Selamat Datang!

Siswa SMK Ciptakan Penghemat Bensin 15Ribu

Fajar Eko Nugroho (16 Agu 2016, 13:03 WIB) Brebes - Ibnu Hafizh (16), siswa SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes, Jateng, patut diacungi jempol lantaran berhasil membuat alat penghemat bensin berbahan seng bagi pengguna sepeda motor. Dengan inovasinya, ia berhasil menyabet juara Lomba Karya Inovasi SMK tingkat nasional belum lama ini. 


Putra pertama pasangan Jaenah dan Nur Khofif itu mengatakan, alat penghemat bahan bakar sepeda motor dibuat dengan memanfaatkan sisa-sisa bahan, seperti seng, kabel, dan plastik. Alat itu dinamai Nebula X Power. 

Ia menerangkan awalnya alat berbentuk kumparan itu ditutup plastik, lalu dipasangi saluran bensin antara fuel pump dan injector sepeda motor. Untuk membuat satu set Nebula X membutuhkan kawat email, resistor dan sebuah lampu indikator LED. 


"Untuk membuat satu alat itu, kita harus siapkan dulu kawat email ukuran 0,01 seberat 1 ons, sebuah lampu indikator LED dan sebuah resistor 1 kilo ohm," ucap Ibnu Hafizh, Senin, 15 Agustus 2016.  

Karena rantai hidrokarbon bensin tidak beraturan, kata Ibnu, molekulnya saling tarik satu sama lainnya. Dengan dipasang magnet, komponen hidrokarbon akan tereduksi dan sifatnya berubah menjadi beraturan. 

Menurut dia, alat ini diklaim bisa menghemat bahan bakar. Perbandingannya, bila motor dengan bensin 1 liter biasanya menempuh jarak sekitar 40 kilometer, tapi dengan menambahkan alat penghemat bensin Nebula X Power, satu liter bisa bertahan sampai 50 kilometer.

"Kalau perbandingannya juga sudah diuji semua, ya kira-kira bisa menghemat BBM antara 10-20 persen," kata Ibnu.  

Ia mengklaim, jika menggunakan alat Nebula X Power ini juga dapat menurunkan gas emisi buang serta pembakaran api lebih sempurna. 

"Gas emisi buangnya bisa lebih diminimalisir karena proses pembakaran api yang sempurna, sehingga juga dapat menghemat konsumsi BBM-nya. Alatnya pun juga mudah kok memasangnya, hanya menyiapkan solder, obeng, dan gunting saja," papar dia.

Sebelum dinobatkan menjadi jawara, siswa kelas X ini berhasil menyisihkan 477 siswa perwakilan SMK pada awal Juni lalu di Astra Honda Training Center (AMTC) Jakarta. Karya Ibnu merupakan salah satu dari dua karya perwakilan tingkat provinsi yang maju ke tingkat nasional.

Sumber : http://regional.liputan6.com
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Disclaimer | Policy
Copyright © 2017. Blog PPART
Bagi Mahasiswa
Powered Blogger