Selamat Datang!

3. Pemanggang Roti

Selamat datang di pertemuan ketiga mata pembelajaran PPART. Pada materi ini kita akan belajar tentang pemanggang roti, yaitu salah satu alat pemanas listrik yang biasa digunakan di rumah tangga. Namun sebenarnya jarang sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia, karena budaya makan di Indonesia menggunakan nasi, sedangkan yang makan roti yaitu orang luar negeri. Ada beberapa materi yang perlu anda pelajari yaitu anda akan mempelajari mengenai jenis pemanggang roti, komponen pemanggang roti, cara merawat dan memperbaiki pemanggang roti.

Pemanggang Roti Perawatan dan Perbaikan


A. Tujuan
Setelah mempelajari materi ini peserta diklat diharapkan:
1. Dapat menjelaskan bagian-bagian dari peralatan pemanggang roti
2. Dapat memperbaiki kerusakan ringan peralatan pemanggang roti
3. Dapat melakukan perawatan peralatan pemanggang roti

B. Materi
Pemanggang roti adalah peralatan listrik rumah tangga yang digunakan untuk memanggang roti yang telah diiris-iris berbentuk lempengan.
Panas yang dihasilkan dengan menggunakan elemen pemanas dari kawat nikelin pipih yang dililitkan pada lempengan bahan tahan panas seperti asbes atau mika. Roti yang telah diiris dimasukkan ke dalam rongga yang tersedia, dipanaskan/dipanggang salah satu jenis pemanggang roti (Bread Toaster) yang banyak dipakai pada rumah tangga ditunjukkan pada gambar 2-5 berikut ini: 

Konstruksi Pemanggang Roti

Gambar 2-5 Pemanggang roti 1. Konstruksi Pemanggang Roti

Komponen Pemanggang Roti, terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut:
1. Rumah pelindung
2. Elemen pemanas
3. Dudukan roti
4. Pengatur panas dan timer Perlengkapan mekanik lainnya

1. Rumah Pelindung
Rumah pelindung dari pemanggang roti tersebut dari bahan pelat yang dilapisi chrom atau dicat dengan cat tahan panas agar tidak mudah korosl/berkarat. Untuk mengetahui lebih jelas bentuk dari rumah pelindung ini dapat dilihat pada gambar 1 berikut:

Gambar Rumah pelindung Toaster

Gambar 1 Rumah pelindung Toaster

2. Elemen Pemanas
Elemen pemanas umumnya terdiri dari 3 (tiga) bagian yang dihubungkan jajar/paralel dan ditempatkan sedemikian rupa berjajar, sehingga membentuk dua rongga diantaranya. Elemen pemanas ini dibuat dari bahan pemanas yaitu kawat nikelin bulat atau pipih yang dililitkan pada lempengan mika atau asbes. Gambar 2 menunjukkan bentuk dari elemen pemanas dengan jarak tertentu agar roti tidak menempel pada elemen pemanas.

Elemen Pemanas Pemanggang Roti
Gambar 2 Elemen Pemanas

3. Dudukan Roti
Dudukan roti dibuat sedemikian rupa, sehingga dapat dinaik/turunkan. Menurunnya dilakukan dengan cara ditekan (secara manual), sedangkan gerakan naik kembalinya terjadi secara otomatis menurut panas dan lamanya waktu pemanggangan yang ditentukan (diset). 

Gambar 3 menunjukkan bagian dari dudukan roti tersebut.

4. Pengatur Panas dan Timer
Pada peralatan pemanggang roti biasanya dilengkapi dengan pengatur panas dengan bimetal atau dengan pengatur lamanya waktu pemanggangan (timer). Baik pengaturan pemanggangan dengan menggunakan pengatur panas dengan bimetal ataupun pengatur waktu (timer). pengaturannya dilakukan dengan cara memutar tombol, dengan kedudukan light. medium dan dark atau dengan kedudukan 1.2 dan 3.


Gambar 4 Pengatur panas dengan bimetal 

e. Perlengkapan Mekanik Lainnya
Selain bagian-bagian yang disebutkan di atas, pemanggang roti juga dilengkapi dengan bagian-bagian mekanik lainnya seperti pengangkat roti ke atas, bila roti telah cukup panas/waktu pemanggangannya. 
Gambar 5. Perlengkapan Mekanik Lainnya

Gambar 6. PCB dan Komponen Elektronik Pemanggang Roti

B. Perawatan dan Perbaikan Pemanggang Roti

1. Memeriksa Pemanggan Roti
Pemanggang roti dikatakan baik bila:
• Pada peralatan ini tidak terdapat hubung singkat rangkaian kelistrikan dengan badannya. Hal ini dapat diperiksa dengan menggunakan AVO meter atau dengan lampu penguji. Lihat gambar 2-10.
• Pada saat belum bekerja, amara elemen tidak terdapat hubungan, untuk ini ukur dengan AVO-meter pada ujung-ujung kabel penghubung.
• Bila tombol ditekan ke bawah, antara elemen akan terhubung dan bila kita ukur dengan AVO meter akan menunjukkan nilai tahanan. (Untuk Toaster kecil ? 300 watt nilai tahanannya ? 150 ohm). 
• Bila tombol dinaikkan hubungan elemen pemanas terputus dan bila diukur dengan AVU meter akan menunjuk nol.

2. Perbaikan.
Pada umumnya kerusakan pada pemanggang roti disebabkan oleh:
a. Kotor karena lemak dan sisa pembakaran.
Perbaikannya dengan cara membersihkan bagian-bagian tertentu misalnya:
• Pada terminal yaitu membersihkan kontak dan sambungan, membersihkan kontak- kontak dengan amplas halus dan mengencangkan kembali baut pada sambungan
b. Kesalahan pemakaian sehingga mengakibatkan:
• Elemen pemanas putus, untuk mengetahui elemen yang putus dapat diamati secara visual atau diukur dengan AVO-meter. Bila elemen putus diganti dengan yang baru
• Perlengkapan mekanik dari pemanggang roti rusak. untuk ini buka sekerup bagian bawah dari rumah pemanggang roti tersebut, periksa bagian mekanik pengangkat roti dan pengatur panas/bimetaL Perhatikan pada saat membuka pegas-pegas dan sambungan mekaniknya.
c. Kabel Penghubung.
Kerusakan kabel penghubung ini sering terjadi karena sering terlekuk. Kerusakan dapat dalam bentuk kabelnya putus atau isolasi kabel rusaL Bila masih memungkinkan, pada tempat kerusakan saja dipotong atau diisolasi. Tetapi bila sudah terlalu pendek sebaiknya diganti baru. Susunan konstruksi pemanggang roti (two slices) secara lengkap dapat kita lihat pada gambar 2-11 berikut ini:
C. Tugas 3.
Tugas Keterampilan
Pilihlah satu jenis Pemanggang roti, lakukan praktik bongkar pasang dengan prosedur sebagai berikut:
1. Lakukan uji operasi dengan sumber tegangan tentang kondisi pemanggang roti
2. Bongkar pemanggang roti, sesuai kondisinya lakukan identifikasi bagianbagiannya
3. Lakukan perawatan/perbaikan bagian yang memerlukannya.
4. Pasang kembali bagian-bagiannya dan uji coba hasil kerja Anda
5. Buat Laporan hasil kerja Anda.

Tugas Pengetahuan
1. Sebutkan bagian-bagian utama dari pemanggang roti!
2. Bagaimana umumnya kedudukan elemen pemanas pada pemanggang roti? Sebutkan jenis bahannya!
3. Jelaskan cara kerja pemanggang roti dengan singkat dan jelas!
4. Bagian mana saja dari pemanggang roti yang sering rusak dan bagaimana cara merawat / memperbaikinya?

NB : Tugas pengetahuan tulis tangan dikumpulkan sebagai prasyarat mengikuti mata pelajaran di Pertemuan ke 3.

D. Jobsheet Praktik Pemanggang Roti : Download

Demikianlah pembelajaran ketiga tentang Pemanggang Roti. Bila ada pertanyaan silahkan tuliskan pertanyaan di dalam kolom komentar silahkan. Teman yang lainnya diharapkan bisa memberikan jawaban terhadap pertanyaan temannya. Sedangkan guru akan membenarkan jika ada jawaban yang kurang tepat.
Share this post :

1 komentar:

  1. Shopping for a vacuum cleaner is a serious buy for a lot of households, so it is essential to be sure you spend your correctly. The concept is that with a greater vacuum cleaner, your private home is cleaner and with much less mud so there's much less alternative to trigger respiratory issues. It is a good suggestion, if doable, to take your vacuum cleaner to a vendor that makes a speciality of that model of vacuum cleaner. If anyone interested about this topic please visit https://spotcarpetcleaners.com/reviews/shark-nv501-review/

    BalasHapus

 
Support : Disclaimer | Policy
Copyright © 2017. Blog PPART
Bagi Mahasiswa
Powered Blogger