Selamat Datang!

Tentang

Selamat datang di BlogPPART.Blogspot.Com

BlogPPART.Blogspot.Com


A. Kata Pengantar
Puji syukur dengan kehadirat Tuhan YME karena telah memberikan kemudahan bagi saya untuk mengembangkan blog pembelajaran. Blog ini bertujuan sebagai tempat kemandirian belajar siswa SMK supaya bisa mengakses sumber informasi yang ada supaya bisa dimanfaatkan secara maksimal serta adanya siswa yang senantiasa selalu aktif juga dalam belajar jarak jauh yaitu dengan sistem online dengan menggunakan internet.

PPART (Perawatan dan Perbaikan Alat Rumah Tangga) merupakan mata pelajaran produktif yang memungkinkan siswa secara langsung bertemu dengan peralatan sehari-hari yang ada di rumahnya masing-masing. Oleh maka dari itu diharapkan siswa dapat mengetahui bagaimana prinsip kerja perlatan rumah tangga itu bekerja, untuk mengetahui bagaimana proses kerjanya, bagaimana mengetahui cara merawatnya, selanjutnya bagaimana memperbaiki peralatan tersebut supaya bisa diperbaiki kembali. Disamping itu setelah diperbaiki diuji terlebih dahulu bagaimana alat tersebut bekerja dengan pengukuran menggunakan alat ukur.

Saya juga beharap dengan adanya Blog PPART ini dapat membuat siswa termotivasi supaya bisa mempelajari terlebih dahulu materi yang diperlukan sebelum pelajaran praktik berlangsung.

B. Sejarah Blog PPART
Sejarah Blog PPART ini merupakan tugas untuk mengembangkan media pembelajaran instruksional dengan basis elektronik. Dari tugas tersebut saya dan teman-teman diberikan instruksi untuk mengembangkan kebutuhan sekolah dengan pengembangan model ADDIE.

A dalam ADDIE berarti Analise, yaitu menganalisis kebutuhan apa saja yang menjadi permasalahan bagi peserta didik. Dari hasil analisis tersebut didapati salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran blog PPART sebagai upaya siswa lebih mandiri dalam belajar.
D yang pertama dalam ADDIE, berarti design atau perancangan sebuah produk itu diarahkan seperti apa bentuknya, isinya, cara membuatnya, siapa pembuatnya, dengan apa membuatnya, sehingga bisa tersusun rancangan yang benar-benar bisa menjadi sebuah proyek besar.

D yang kedua dalam ADDIE, bermakna development atau mengembangkan kita diharapkan bisa membuat blog tersebut memulai dengan mengisi kontennya, gambarnya, videonya, contoh soalnya, petunjuknya, dll.

I dalam ADDIE, dimaksudkan setelah pengembangan blog ini selesai maka sejenak diterapkan untuk mengetahui tingkat kelayakannya berdasarkan ahli materi dan ahli media. Selanjutnya diuji juga tingkat kelayakannya oleh siswa SMK.

E dalam ADDIE, ini dimaksudkan dalam upaya evaluasi hasil nilai kelayakan dari para ahli kemudian direvisi supaya lebih bagus lagi. Dengan demikian blog ini bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran.
    
C. Visi, Misi dan Tujuan
Visi
Menjadi bahan ajar utama untuk pembelajaran Praktik Perawatan Perbaikan Alat Rumah Tangga Listrik di SMK.

Misi
1. Mewujudkan tamatan yang mandiri dalam mencari sumber belajar sendiri melalui internet.
2. Mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan pasar kerja dan perkembangan IPTEK.
3. Melaksanakan diklat dengan pendekatan Competency Based Training dan Production Based Training untuk mata pelajaran PPART.
4. Menjalin kajian materi pembelajaran disesuaikan dengan berbagai sumber bahan ajar yang tak terbatas hanya melalui blog saja.
5. Mengembangkan blog PPART yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas.

Tujuan
1. Mengembangkan blog PPART sebagai sarana mempersiapkan sebelum siswa mengikuti uji kompetensi diklat.
2. Menyiapkan siswa yang memiliki iman dan taqwa, berkepribadian unggul dan mampu mengembangkan diri dengan blog PPART.
3. Menghasilkan siswa yang kompeten, profesional dan mampu mandiri untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.
4. Menjadi salah satu sumber informasi pembelajaran pada mata pelajaran PPART.
5. Mengembangkan kemitraan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan sumber bahan ajar yang lain serta sumber lain yang mendukung dalam pembelajaran PPART.

D. Sasaran
Sasaran Blog PPART dibagi menjadi 2 yaitu sasaran langsung dan sasaran tidak langsung.
1. Sasaran langsungnya adalah kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran internet menggunakan blog sebagai sumber belajar.
2. Sasaran tidak langsungnya adalah ketrampilan siswa dalam mencari informasi yang lain di internet selain sumber belajar dari blog ini.

E. Program Belajar
Program belajar yang diajarkan pada blog ini menganut pada silabus yang disediakan dengan beberapa perubahan supaya pembelajaran lebih mudah dipahami bagi siswa SMK.

F. Struktur Belajar
Dalam belajar siswa diharapkan selalu berupaya untuk mencapai target yang diharapkan dimana struktur belajar yang dibentuk melalui beberapa upaya yaitu :
1. Siswa mempelajari blog ini sebagai sarana sumber belajar sebelum melaksanakan praktik.
2. Siswa mempelajari bagian dari materi dilanjutkan dengan mencoba kuis yang telah disediakan.

G. Tenaga Pendidik
Pendidik dalam hal ini yaitu pembuat blog ditambah guru pengajar disekolah guru mata pelajaran yang berwenang.

H. Siswa
Peserta didik yang diberikan tanggung jawab untuk belajar dalam rangka mempelajari bagaimana sistem belajar yang memanfaatkan sumber blog sebagai bahan ajar mandiri.

I. Prestasi
Penilaian belajar di blog ini dinilai dari kuis dan latihan akhir yang telah disediakan.

J. Kerjasama
Bagi siswa yang memiliki hobi dalam menulis bisa berkontribusi aktif sebagai kontributor dalam pengembangan blog ini selanjutnya.

K. Petunjuk Penggunaan
Bagi Guru
1. Guru memberikan pengarahan kepada siswa untuk membuka materi pembelajaran berikutnya bersumber dari blog PPART.
2. Guru mengecek hasil kuis yang ada sebelum siswa melakukan praktikum sebagai prasyarat siswa akan melaksanakan praktikum.
3. Guru berperan aktif juga dalam tanya jawab yang berlangsung di dalam blog.

Bagi Siswa
1. Siswa mempelajari materi setahap demi setahap dan menyelesaikan tugas tiap tahapan dan dikumpulkan kepada guru sebagai prasayarat mengikuti mata pelajaran PPART.
2. Siswa dipersilahkan bertanya terkait materi di dalam kolom komentar yang tersedia sehingga bisa terjadi interaksi antar siswa dan guru serta siswa bisa memberi jawaban kepada siswa lainnya.
3. Siswa melaksanakan tes kemampuan akhir sebagai nilai ujian secara keseluruhan materi yang telah diberikan.

Demikianlah tentang blog PPART semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

L. Daftar Pustaka
Dalam pengembangan blog ini tidak lepas dari sumber buku yang digunakan, dan sumber buku sebagian besar berasal dari :

1. Dikmenjur. 2003. Modul Pembelajaran Perawatan Dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga. Jakarta
2. F.S Al Kula Faurasyidi. 2010. Perawatan Dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga Listrik. Klaten : SMK Muh 1 Klaten

Pengembang blog PPART mengucapkan terimakasih banyak atas semua sumber materi dan bahan yang disediakan.

1 komentar:

  1. CV Bahagia Sukses Makmur menerima pembuatan huruf timbul dengan harga terjangkau dan tentunya kualitas terbaik. Huruf timbul ini biasa digunakan untuk label branding seperti nama cafe atau nama restoran,
    bisa juga digunakan untuk nama sekolah atau nama rumah sakit, dan masih banyak lagi.
    1. huruf timbul kuningan
    2. huruf timbul stainless stell
    3. huruf timbul akrilik
    4. huruf timbul galvanise,led box / letter box,neon box

    Kami membuat huruf timbul sesuai dengan desain yang anda inginkan dan Dapatkan penawaran menarik untuk pembuatan huruf timbul ini

    Hubungi kami sekarang juga di
    office: Taman Ubud Cendana 1 no. 19 Lippo village Tangerang
    Chat admin di No Hp/wa: 081112520803/081316140397

    https://huruftimbuljakarta06.blogspot.com/
    https://huruftimbulstainlessjkt.medium.com/
    https://www.facebook.com/Huruf-timbul-jakarta-102684518622094/
    https://id.pinterest.com/huruftimbuljakarta06/
    https://twitter.com/huruftimbul06
    https://www.instagram.com/huruftimbuljkt06/


    #Jasapembuatanhuruftimbul #huruftimbuljakarta #huruftimbultangerang #huruftimbulstainless
    #hurufakrilik

    BalasHapus

 
Support : Disclaimer | Policy
Copyright © 2017. Blog PPART
Bagi Mahasiswa
Powered Blogger